Sangkar Burung IDSB001

Kesesuaian Jenis Sangkar Burung

Sekilas Sangkar Burung

Hobi memelihara burung memang telah menjadi kegiatan yang menarik. Jika anda salah satu yang hobi memelihara burung, maka anda harus tahu mengenai jenis sangkar burung. Mungkin jenis sangkar burung yang anda pilih untuk burung peliharaan anda nampak tidak begitu penting, tetapi itu adalah anggapan yang salah. Sangkar burung sangatlah penting, terutama bagi para penggemar burung ocehan. Bukan hanya agar enak dipandang, kebersihan, jenis, dan sangkar burung yang representatif merupakan kebutuhan yang harus selalu diperhatikan. Sangkar burung yang bersih dan nyaman membuat burung akan betah dan sehat. Tentu saja jika anda tidak menjaga kebersihannya akan menimbulkan penyakit, menurunkan selera makan burung, dan bahkan akhirnya bisa mati.

Pentingnya Jenis Sangkar Burung

Mengapa jenis sangkar burung sangat penting? Karakter fisik burung peliharaan anda, semisalnya Burung Beo yang rata-rata memiliki perawakan besar, jika disimpan dalam jenis sangkar burung yang terlalu kecil akan menghambat pergerakannya. Hal ini dapat menimbulkan stres bagi burung peliharaan anda karena ruang geraknya yang terbatas. Begitu juga sebaliknya dengan burung yang memiliki fisik kecil, seperti Kenari, yang disimpan dalam jenis sangkar burung yang besar. Burung tersebut akan menjadi terlalu aktif dan akhirnya mempengaruhi performa suara kicauannya.

Bagi anda yang baru menggeluti hobi ini, ada beberapa jenis sangkar burung yang bisa anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan burung peliharaan anda. Di pasaran, terdapat beberapa jenis sangkar burung dengan ukuran dan bahan yang berbeda. Material sangkar burung antara lain terbuat dari kawat, kayu, dan bambu. Ada baiknya anda menyesuaikan material dengan desain dan bentuknya, karena bentuk sangkar untuk tiap jenis burung akan berbeda pula.

Jenis Burung dan Jenis Sangkar Burung

Berdasarkan jenis burung peliharaan anda, terdapat beberapa jenis sangkar burung yang umumnya digunakan antara lain, jenis sangkar burung kenari, sangkar burung perkutut, dan sangkar burung ocehan. Untuk sangkar burung kenari, biasanya berbentuk seperti tabung dengan ukuran yang tidak teralu luas, sesuai dengan ukuran fisik burung kenari yang kecil, dan biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Selanjutnya adalah jenis sangkar burung perkutut. Untuk jenis sangkar burung ini, biasanya agak luas karena sifat burung perkutut yang aktif. Burung perkutut senang dengan tempat yang teduh, maka jenis sangkar nya biasanya juga beratap, dengan tempat bertengger di tengah-tengah sangkar. Material jenis sangkar ini biasanya dari bambu. Yang terakhir, jenis sangkar burung ocehan, biasanya agak besar dan terbuat dari kawat atau besi. Alasnya biasanya dibiarkan terbuka agar mudah membersihkan kotorannya. Jenis sangkar burung yang bersih, representatif dan sesuai dengan karakteristik burung peliharaan anda akan sangat menunjang kesehatan, keindahan, dan aktivitas burung peliharaan anda.

Beberapa contoh jenis sangkar burung yang anda bisa pilih

[jigoshop_category slug=”Sangkar Burung” per_page=”3″ columns=”3″]

Klik disini untuk pilihan sangkar burung yang lain!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *